Final Piala Afrika 2013: Nigeria Vs Burkina Faso

Posted: 9 Februari 2013 in Paling sering di Cari
Tag:, , , , , , , , , , , , ,

Mungkin tak ada yang menyangka Burkina Faso akan bisa melangkah ke final Piala Afrika 2013. Burkina Faso memang bukan tim unggulan di Piala Afrika ini. Bahkan di Piala Afrika 2012 lalu, Burkina Faso tak lolos babak penyisihan grup. Sementara prestasi terbaik Burkina Faso sendiri adalah peringkat 4 di Piala Afrika tahun 1998.

Tapi Burkina Faso tetap tak bisa dipandang remeh. Kekompakan tim menjadi kekuatan tersendiri dari Burkina Faso. Sejauh ini, Burkina Faso termasuk tim yang cukup produktif di babak penyisihan grup C dengan mencetak 5 gol dan hanya kemasukkan 1 gol. Alain Traore, penyerang Burkina Faso menjadi top skor sementara Piala Afrika 2013.

Di babak perempatfinal, diluar dugaan Burkina Faso berhasil mengalahkan Togo dengan skor tipis, 1-0. Kejutan kembali dibuat Burkina Faso di babak Semifinal. Ghana yang menjadi lawan Burkina Faso di babak semifinal dikalahkan lewat adu pinalti dengan skor, 1-3. Burkina Faso pun melangkah ke babak final.

Sementara lawan Burkina Faso di babak final tak lain adalah Nigeria, tim yang sudah pernah dihadapinya di babak penyisihan grup C lalu. Ketika itu, hasil imbang 1-1 menjadi skor akhir bagi kedua tim. Nigeria melaju ke babak final Piala Afrika bisa dikatakan mulus. Di babak perempatfinal, Pantai Gading berhasil dikalahkan dengan skor, 2-1. Lalu di babak semifinal, Mali dibekap dengan skor telak, 1-4. Nigeria pun lolos ke babak final untuk menantang Burkina Faso.

Ini pertemuan kedua di Piala Afrika 2013 ini. Yang pertama di babak penyisihan grup C dengan skor imbang, 1-1. Siapakah yang memenangkan pertemuan kedua ini sekaligus menjuarai Piala Afrika 2013? Nigeria dan Burkina Faso termasuk tim yang cukup produktif. Alian Traore (Burkina Faso), Emmanuel Emenieke dan Victor Moses (Nigeria) akan bersaing memperebutkan posisi top scorer Piala Afrika 2013 ini.

Nigeria memang lebih diunggulkan ketimbang Burkina Faso. Secara historis, Nigeria memang lebih baik dari Burkina Faso. 2 kali gelar juara Piala Afrika berhasil direbut Nigeria pada tahun 1980 dan 1994. Sementara, Burkina Faso belum pernah menjuarai Piala Afrika 2013. Pencapaian terbaik Burkina Faso adalah peringkat 4 di Piala Afrika 1998.

Tapi historis tidak cukup menilai tim mana yang akan menjuarai Piala Afrika 2013. Perjuangan kedua tim di lapangan yang menentukannya. Masih ingat bagaimana Zambia bisa menjuarai Piala Afrika 2012 untuk pertama kali setelah di babak final mengalahkan Pantai Gading lewat adu pinalti 8-7? Bisa saja kejadian serupa terulang kembali di babak final 2013 ini.

Jadi Nigeria harus hati-hati melawan Burkina Faso di babak final Piala Afrika 2013 pada tanggal 10 Februari nanti. Atau akan bernasib sama seperti Pantai Gading ketika melawan Zambia di babak final Piala 2012 lalu. Kita tunggu saja.

Salam olahraga.

http://olahraga.kompasiana.com/bola/2013/02/09/final-piala-afrika-2013-nigeria-vs-burkina-faso-532830.html?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kanawp

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s